News
Verstappen kalahkan duet Mercedes pada balapan hari jadi F1 ke-70

Verstappen kalahkan duet Mercedes pada balapan hari jadi F1 ke-70

Jakarta (ANTARA) – Max Verstappen meraih kemenangan pertamanya musim itu setelah menjuarai Grand Prix hari jadi Formula 1 ke-70 dalam Sirkuit Silverstone, Inggris, Minggu.

Pebalap Red Bull itu start dari P4 dengan ban hard & mampu mengalahkan duet Mercedes, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas, dengan dominan selama sesi latihan selamat dan kualifikasi, dengan ban medium pada awal lomba.

Verstappen dengan strategi pitstop dan ketrampilan menjaga umur bannya, mampu sudah 11, 326 detik di aliran Lewis Hamilton yang harus pada keluar sebagai runner-up.

Baca juga: Verstappen optimistis meski Mercedes terlampau cepat di Silverstone

Sementara Bottas, yang awal dari pole position , melengkapi podium hari itu di peringkat tiga, tujuh detik di belakang rekan satu timnya, demikian laman resmi Formula 1.

Degradasi ban dan suhu udara menjadi tantangan pokok Mercedes di Grand Prix perjamuan hari jadi ke-70 F1 tersebut karena Pirelli membawa kompon ban yang lebih lunak satu tingkat ketimbang yang mereka sediakan pada balapan akhir pekan lalu, yang dimenangi oleh Hamilton dengan ban depan kiri yang pecah.

Verstappen masuk pit buat ban medium di lap ke-27 dan keluar di belakang Bottas, namun mampu melewati pebalap Mercedes itu untuk mengambil kembali arahan lomba

Lewis Hamilton menunda pitstop keduanya hingga lap ke-42 ketika Verstappen masih memimpin.

Baca juga: Bottas raih pole position di Silverstone, Hulkenberg buat kejutan

Lima lap terakhir, Hamilton berjarak sembilan detik dari Verstappen. Pebalap Inggris itu menyalip Bottas tiga lap jelang finis untuk merebut kondisi kedua, namun Verstappen terlampau jauh untuk dikejar.

“Aku tidak menyangkanya tapi setelah stint pertama kami sepatutnya cukup bagus dengan ban awak. Ini hasil yang luar biasa, ini haru yang sangat bagus, semua berjalan lancar, ” cakap Verstappen setelah meraih kemenangan kesembilan dalam kariernya, juga bagi Red Bull di Silverstone sejak 2012.

Hamilton sementara itu mengakui masalah ban yang melepuh, serupa dengan yang ia mengambil di balapan sebelumnya.

Demikian juga Bottas yang dibuat frustrasi tidak bisa memaksa jalan di balapan hari itu.

“Segera setelah aku tiba memaksa bannya menjadi berantakan. Banyak pembengkakan sedangkan aku melihat Red Bull tak memilikinya, ” introduksi Bottas.

Baca juga: Cuma pengganti, Hulkenberg memukau di Silverstone

Verstappen kini terbang ke peringkat dua klasemen dengan total 77 poin, menggeser Bottas ke peringkat tiga dengan kelainan empat poin. Hamilton masih kokoh di puncak dengan keunggulan tepi 30 poin dari rival terdekatnya.

Di luar finis podium, Charles Leclerc kembali menjelma pebalap Ferrari tercepat, menambah pokok bagi pabrikan asal Italia itu setelah mengklaim P4.

Sebastian Vettel sementara itu sempat kehilangan kendali mobil SF1000 sesudah start, dan hanya mampu finis P12.

Pebalap Red Bull kedua, Alexander Albon sudah P5 di depan duet tim Racing Point, Lance Stroll dan Nico Hulkenberg.

Hulkenberg memukau di kualifikasi dengan menyimpan posisi start ketiga, dan berhasil menjalani balapan pertamanya musim tersebut, setelah gagal start akhir minggu lalu, sebagai pengganti Sergio Perez yang terkena COVID-19 yang kudu menjalani isolasi.

Baca juga: Positif COVID-19, Perez kemungkinan besar membalap balik di Spanyol

Pebalap Renault Esteban Ocon finis P8 mengalahkan Lando Norris dari tim McLaren, sementara pebalap AlphaTauri Daniil Kvyat mengalahkan pasar satu timnya Pierre Gasly untuk membawa pulang poin terakhir dengan tersedia hari itu di status sepuluh besar.

Carlos Sainz membawa mobil McLaren bernomor 55 finis peringkat ke-13, dalam depan Daniel Ricciardo yang terlempar dari posisi start kelima.

Pebalap Australia itu sudah di depan Kimi Raikkonen, Romain Grosjean dan Antonio Giovinazzi.

George Russell membawa Williams ke P18 setengah detik lebih cepat dari rekan satu timnya, Nicholas Latifi, sedangkan Kevin Magnussen gagal finis dengan mobil Haasnya.

Menyuarakan juga: Ban yang lebih lunak tantangan baru bagi Hamilton dalam Silverstone
Baca juga: Pitstop jelang finis selamatkan Verstappen dalam GP Britania
Baca selalu: Ricciardo yakin peringkat tiga konstruktor memungkinkan bagi Renault

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © JARANG 2020