News
Satgas PEN dongkrak andil swasta buat percepat pemulihan ekonomi

Satgas PEN dongkrak andil swasta buat percepat pemulihan ekonomi

Minus bersama-sama antara pemerintah dan swasta, akan sangat sulit angkat pertumbuhan ekonomi menjadi positif kembali laksana yang diarahkan Presiden

Jakarta (ANTARA) – Pemerintah melalui Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional (PEN) akan turut menstimulus kinerja usaha swasta melalui program-program negeri, sehingga dapat mempercepat pemulihan perekonomian di kuartal IV-2020.

Ketua Satgas PEN Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers secara maya dari Kantor Presiden, Jakarta, Rabu mengatakan pemerintah akan selalu melibatkan pihak swasta dalam program-program pemulihan ekonomi nasional.

Misalnya untuk penyaluran berbagai bansos, pemerintah akan menggandeng swasta sebagai pemasok. Kemudian, pemerintah juga menggulirkan kalender pembiayaan melalui lembaga keuangan kawasan untuk dunia usaha di bermacam-macam daerah.

“Ini biar teman swasta mau bergerak. Minus bersama-sama antara pemerintah dan swasta, akan sangat sulit angkat kemajuan ekonomi menjadi positif kembali sesuai yang diarahkan Presiden, ” perkataan Budi.

Saat ini, ujar Budi, struktur perekonomian domestik paling banyak disumbang oleh ekonomi swasta. Baru kemudian 16, 1 persen dari BUMN, dan lantaran pemerintah.

Untuk sumbangan dari pemerintah, Budi menjamin bakal merealisasikan anggaran, khususnya untuk pengerjaan COVID-19 dan PEN, hingga maksimal.

“Porsi pemerintah kita akan melakukan spending sebanyak-banyaknya melalui PENA, kita pastikan spending Kementerian/Lembaga semaksimal jadi, ” ujarnya.

Adapun hingga 2 November 2020, realisasi penyaluran program penanganan COVID-19 serta pemulihan ekonomi nasional mencapai Rp366 triliun atau 51, 9 upah dari total Rp695, 2 triliun.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo sebelumnya memproyeksikan pertumbuhan ekonomi domestik di kuartal III-2020 masih terkontraksi hingga minus tiga persen.

Maka itu, Presiden meminta jajaran kementerian/lembaga & pemerintah daerah untuk meningkatkan realisasi anggaran secara maksimal hingga akhir tahun. Hal itu agar provokasi dari pemerintah mampu mendorong perputaran ekonomi dan konsumsi di asosiasi.

Membaca juga: Satgas catat realisasi pembagian PEN capai Rp366 triliun
Baca juga: Satgas: Dana PEN dongkrak perputaran uang hingga Rp300 triliun

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020