News
Menaker dorong kolaborasi ASEAN OSHNET atasi dampak pandemi

Menaker dorong kolaborasi ASEAN OSHNET atasi dampak pandemi

“Keberadaan ASEAN OSHNET memiliki banyak potensi di dalam menciptakan dan melakukan berbagai kesibukan untuk berkontribusi dalam upaya perbaikan dari kondisi pandemi ini, “…

Jakarta (ANTARA) – Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mendorong kolaborasi anggota ASEAN Occupational Safety and Health Network (ASEAN-OSHNET) atau Jejaring Keselamatan dan Kesehatan Kerja ASEAN dalam mengatasi dampak pandemi COVID-19 terutama di sektor ketenagakerjaan.

“Keberadaan ASEAN OSHNET memiliki banyak potensi dalam menciptakan dan menyelenggarakan berbagai aktivitas untuk berkontribusi pada upaya pemulihan dari kondisi pandemi ini, ” ujar Ida di dalam keterangan resmi Kementerian Ketenagakerjaan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Ketika berbicara di Workshop On The Prevention And Control Of COVID-19 At The Workplace For Sustainable Business, Menaker Ida mengatakan pemerintah Indonesia lewat Kemnaker berkomitmen membangun lingkungan tempat kegiatan aman dan nyaman untuk praktisi sebagai bentuk penanggulangan dampak COVID-19 di sektor ketenagakerjaan.
Baca juga: Menaker serta Menparekraf bahas peningkatan kompetensi daerah pariwisata
Baca juga: Menaker Ida resmikan workshop pelatihan bagi calon pekerja migran

Hal itu selalu untuk memastikan keamanan bekerja bagi pekerja di Indonesia, sebagaimana sudah diatur dalam pernyataan bersama ALMM ke-26 Komunike dan juga ALMM Plus Tiga ke-11.

Menurut Ida, kolaborasi di kurun negara-negara anggota ASEAN dapat menjelma kesempatan besar memperkuat kerja sama untuk mencapai pemulihan.

Selain itu kemitraan ASEAN dilakukan untuk mencegah dan mengendalikan penyebaran COVID-19 di tempat kerja menetapkan keberlanjutan ekonomi kawasan tersebut.

“Saya juga mendorong kerjasama ASEAN OSHNET dalam membangun gaya saing, ketahanan, dan peningkatan kompetensi pekerja ASEAN untuk Pekerjaan dalam masa depan, dan juga bersama-sama menghadapi dampak buruk dari daya pandemi, krisis ekonomi atau kawasan bencana di masa depan, ” demikian Menaker Ida.
Baca juga: Menaker fokus luaskan kesempatan kerja tangani konsekuensi pandemi

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2021