News
Kepala: Festival Diskon Nasional bentuk dukungan UMKM di Tanah Air

Kepala: Festival Diskon Nasional bentuk dukungan UMKM di Tanah Air

Pandemi ini mendorong kita seluruh untuk melakukan terobosan dan berbagai inovasi agar perekonomian bergerak balik. Untuk itu pemerintah menyelenggarakan FDN sebagai bentuk dukungan kepada UMKM di Tanah Air,

Jakarta (ANTARA) – Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa penyelenggaraan Festival Potongan (harga) Nasional (FDN) merupakan bentuk sokongan pemerintah kepada usaha mikro mungil dan menengah  (UMKM) di Tanah Air.

“Pandemi ini memajukan kita semua untuk melakukan terobosan dan berbagai inovasi agar perekonomian bergerak kembali. Untuk itu pemerintah menyelenggarakan FDN sebagai bentuk pertolongan kepada UMKM di Tanah Cairan, ” ujar Presiden Jokowi di dalam video pembukaan Festival Diskon Nasional, Rabu.

Pada gambar tersebut, Jokowi juga mengajak semua pihak untuk menunjukkan rasa bangga terhadap produk lokal.

“Mari kita tunjukkan rasa angkuh kita pada produk asli Nusantara hanya di Festival Diskon Nasional, ” kata Presiden.

Baca juga: Penyelidik Indef nilai penyelenggaraan FDN angkat UMKM bangkit

Dalam video itu, sebanyak menteri juga menyampaikan pesan di acara FDN itu, seperti Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang menyilakan untuk membeli produk Indonesia.

“Jadi patriot bangsa, & belilah produk Indonesia, ” prawacana Luhut.

Dalam video itu tak ketinggalan juga Menteri BUMN Erick Thohir yang membuktikan bangga terhadap merek lokal dengan kualitas dunia.

“Sebagai kolektor sneakers saya sangat bangga ada merek lokal yang bernas dunia, ” ucapnya.

Baca juga: Penyelenggaraan festival diskon diharapkan mampu perbaiki kinerja UMKM

Sementara itu, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Membuang Teten Masduki mengatakan bukti loyalitas masyarakat terhadap produk lokal yaitu dengan mendukung UMKM Nasional.

“Mau buktikan kesetiaan pas produk lokal, waktunya dukung UMKM nasional, ” ucapnya.

Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Wury Ma’ruf Amin menganjurkan masyarakat untuk berbelanja dalam event FDN mulai 16 hingga 31 Desember 2020.

“Siap-siap belanja dari tanggal 16 Desember sampai 31 Desember 2020, nikmati program diskon barang UMKM terbesar se-Indonesia, ” ujarnya.

Baca juga: Presiden ajak pedagang martabak, nasi uduk jualan secara online

Kegiatan FDN itu mengusung tema “Beli Satu Lahir Seribu”, yang akan melibatkan 4 Bank Himbara, 24 BUMN serta afiliasi, 65 mitra e-commerce, 5. 000 merchant konvensional, 211. 000 merchant UMKM, dan lima kekayaan elektronik.

Dalam pelaksanaan FDN itu, Kementerian BUMN dan sejumlah perusahaan BUMN berkolaborasi menyelenggarakan FDN pada 16-31 Desember 2020.

Penyelenggaraan event sanggup dilakukan secara online maupun offline, di mana informasi produk serta diskon yang ditawarkan, serta keterangan mengenai UMKM, merchant lokal atau BUMN yang berpartisipasi dapat diakses pada www.festivaldiskonnasional.com.

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © JARANG 2020