News
BMKG: Hujan lebat berpotensi melanda sejumlah daerah

BMKG: Hujan lebat berpotensi melanda sejumlah daerah

Jakarta (ANTARA) – Institusi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat yang dapat disertai cepat atau petir dan jalan kencang berpotensi terjadi dalam sejumlah daerah di Nusantara pada Rabu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun JARANG dari laman resmi BMKG di Jakarta, Rabu, iklim tersebut berpotensi melanda Aceh, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, dan Kepulauan Bangka Belitung.

Cuaca serupa juga diprakirakan berlaku di Lampung, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

Hujan yang dapat disertai kilat ataupun petir dan angin kencang berpotensi terjadi di Sumatera Utara, DKI Jakarta, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, dan Papua Barat, sedangkan Nusa Tenggara Barat diprakirakan mengalami angin kencang.

BMKG juga memberikan peringatan aliran tinggi 2, 5-4 meter di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, selat barat Pulau Simeulue hingga Kepulauan Mentawai, perairan Tangan hingga barat Lampung, Celah Sunda bagian barat serta selatan.

Rujukan gelombang tinggi itu selalu berlaku untuk area Samudra Hindia barat Sumatra, perairan selatan Banten hingga Tanah Sumba, Selat Bali-Lombok-Alas arah selatan, Samudra Hindia daksina Banten hingga Nusa Tenggara Timur, dan Laut Arafuru bagian timur.

Baca selalu: Wagub DKI sebut pemprov sudah mulai antisipasi banjir
Baca juga: BMKG prakirakan sebagian besar provinsi Indonesia cerah berawan Selasa

 

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021