News
Belasan provinsi hadapi potensi abu yang bisa menyebabkan banjir

Belasan provinsi hadapi potensi abu yang bisa menyebabkan banjir

Jakarta (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengantarkan peringatan dini mengenai potensi hujan lebat yang mampu menyebabkan banjir di belasan wilayah provinsi pada Senin.

Menurut prakiraan iklim BMKG, hujan lebat  disertai petir dan angin kencang  pada Senin antara asing berpeluang terjadi di daerah Provinsi Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Daksina, dan Jawa Barat.

Wilayah Provinsi  Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua juga menghadapi potensi  hujan lebat  disertai petir dan angin kencang.

Sementara itu, wilayah Provinsi Sumatera Melahirkan, Banten, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, dan Gorontalo  diprakirakan menghadapi hujan dengan intensitas yang bertambah ringan.

BMKG  menyampaikan bahwa selama 20 sampai 21 September 2021 wilayah Provinsi Aceh, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Memajukan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan masuk dalam bagian waspada banjir bandang.

Wilayah Provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Melahirkan, Maluku, Papua Barat, serta Papua juga masuk dalam kategori waspada banjir bandang dalam kurun itu.

Menangkap juga:
Ratusan sendi di Mukomuko terendam banjir
Ratusan warga mengungsi akibat bencana banjir pada Pulau Buru

 

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2021