News
Abu lebat disertai angin diprakirakan meliputi sejumlah wilayah

Abu lebat disertai angin diprakirakan meliputi sejumlah wilayah

Jakarta (ANTARA) porakporanda Badan Meteorologi, Klimatologi, & Geofisika (BMKG) menyampaikan keterangan dini mengenai potensi abu lebat disertai kilat dan angin kencang di sebesar wilayah Indonesia pada Selasa.

Menurut prakiraan iklim BMKG, hujan lebat disertai kilat dan angin kencang berpeluang terjadi di bagian wilayah Provinsi Sumatera Mengadukan, Kepulauan Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.

Bagian wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Mengadukan, Sulawesi Barat, dan Maluku Utara juga diprakirakan bertemu kondisi cuaca yang sepadan.

BMKG  memberikan bahwa kehadiran daerah konvergensi memicu peningkatan pertumbuhan awan hujan di beberapa periode wilayah Indonesia.

Menurut BMKG, daerah peredaran siklonik  di perairan barat Sulawesi Barat membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kemajuan angin (konvergensi) yang menjulur dari Sulawesi Barat periode Utara, Sulawesi Tengah had Selat Karimata bagian sedang.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dibanding perairan barat Aceh had Selat Malaka, dari selat
barat Lampung maka Riau, dari Kalimantan Sedang hingga Kalimantan Utara, dibanding perairan timur Kalimantan Mengetengahkan hingga Kalimantan bagian mengetengahkan,   di Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Barat, lantaran perairan barat Papua Barat hingga Maluku Utara bagian selatan, dan dari Papua hingga Papua Barat.

BMKG  menyatakan, “Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar daerah sirkulasi siklonik dan sepanjang daerah konvergensi tersebut. ”

Baca pula:
BMKG: Hujan tebal dan petir berpotensi terjadi di Jakarta
Banjir melanda permukiman warga pada Rangkasbitung, Lebak

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Maryati
COPYRIGHT © KURUN 2021