News
33 penumpang kapal tenggelam di Selat Bali ditemukan aman

33 penumpang kapal tenggelam di Selat Bali ditemukan aman

Banyuwangi (ANTARA) – Sebanyak 33 pengikut Kapal Motor Penumpang (KMP) Yunicee ditemukan selamat sebab tim SAR gabungan dalam Perairan Selat Bali, Selasa malam.

“Data sementara yang kami terima dibanding KSOP Gilimanuk, ada enam korban meninggal, 33 penumpang ditemukan selamat, dan 14 orang lainnya masih dalam pencarian, ” kata Komandan Kodim Banyuwangi Letkol Inf Yuli Eko kepada kuli di Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa malam.

Ia juga mengemukakan bahwa sebanyak enam penumpang lainnya ditemukan dalam kondisi wafat dunia. KMP Yunicee saat berlayar dari Pelabuhan Ketapang (Banyuwangi) menuju Gilimanuk (Jembrana) itu diketahui mengangkut 41 penumpang dan 12 anak buah kapal (ABK).

Menurut Dandim, sebelum tenggelam, KMP Yunicee sempat menunggu antrean bersandar di Pangkalan Gilimanuk, tidak lama berantara kapal tersebut diduga terbawa arus laut ke pokok selatan pelabuhan dan lalu tenggelam.

“Jadi, KMP Yunicee berangkat ataupun menyeberang dari Pelabuhan Ketapang ke Gilimanuk. Saat menunggu untuk bersandar terjadi kesusahan dan tenggelam, ” katanya.

Hingga era ini, 14 penumpang kapal yang belum ditemukan sedang dalam pencarian dari tim SAR gabungan.

Dari pantauan, para korban selamat malam itu tepat dievakuasi dengan kapal perahu ke ruang tunggu Pangkalan Ketapang, sedangkan korban terhenti tulang dan mengalami penuh nafas dirujuk ke RSUD Blambangan, Banyuwangi.
Baca juga: KMP Yunice tenggelam di perairan Bali, proses evakuasi masih dilakukan
Baca pula: Enam jenazah korban kapal tenggelam di Selat Bali ditemukan

Pewarta: Masuki M. Astro
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021